oleh

Pengertian Cerita Inspiratif dan Strukturnya

-SMP-102 dilihat

Pengertian Cerita Inspiratif – Halo, Karib Bahasa! Pada pelajaran bahasa Indonesia terdapat materi mengenai teks narasi. Teks narasi merupakan jenis teks fiksi yang berfungsi untuk mendidik dan menghibur. Teks ini memiliki beragam jenisnya, seperti cerpen, cerita fantasi, dan cerita inspiratif.

Salah satu jenis teks narasi yang menginspirasi dan banyak mengandung pesan moral ialah cerita inspiratif. Cerita dapat menginspirasi seseorang untuk berbuat lebih baik, lebih peduli, dan lebih berempati terhadap orang lain. Marilah simak penjelasan berikut ini untuk memahami apa itu cerita inspiratif!

Penjelasan Lengkap Mengenai Pengertian Cerita Inspiratif 

Pengertian

Cerita Inspiratif merupakan bentuk narasi yang bertujuan untuk memberikan inspirasi kebaikan kepada banyak orang. Teks tersebut menyampaikan perasaan dan memberikan kesan yang mendalam agar membuat seseorang ingin menjadi seperti yang ada di dalam cerita.

Cerita inspiratif adalah cerita yang menyajikan suatu inspirasi keteladanan kepada banyak orang. Teks tersebut mendorong seseorang untuk melakukan kebaikan sebagai hasil dari cerita yang ada di dalamnya. Nama lain cerita seperti ini ialah “cerita keteladanan” atau “cerita penuh hikmah”.

 

Stuktur

Teks cerita inspiratif memiliki struktur yang hampir sama dengan teks narasi lainnya, seperti cerpen dan cerita fantasi. Di dalamnya sama-sama memiliki tokoh, latar, dan alur. Namun, cerita inspiratif ini dapat bersifat fiktif ataupun faktual. Berikut ialah struktur teks cerita inspiratif:

1. Orientasi

Bagian awal pada teks ini yang berisi mengenai pengenalan peristiwa, tokoh, ataupun latar cerita.

Baca juga: Teks Deskripsi Adalah – Pengertian dan Struktur

2. Komplikasi

Rangkaian peristiwa yang berisi mengenai permasalahan yang dialami tokoh dalam cerita. Masalah tersebut dapat berupa konflik batin atau pertentangan dengan tokoh lainnya.

3.Resolusi

Bagian ini berisi mengenai penyelesaian dari masalah yang terjadi oleh tokoh dalam cerita.

4.Koda

Bagian ini merupakan bagian akhir yang berisi ulasan, pesan moral, atau hikmah atas peristiwa yang telah terjadi dalam cerita.

 

Kaidah Kebahasaan

Teks cerita inspiratif merupakan jenis teks fiksi yang ditulis dengan menggunakan bahasa sehari-hari. Berikut ialah kaidah kebahasaan teks tersebut:

1.  Menggunakan ungkapan-ungkapan yang bernada saran atau persuasif

Persuasif merupakan kata yang sifatnya membujuk agar orang lain yakin.

Contoh: sebaiknya, hendaknya, jangan

2. Menggunakan kata kerja tindakan

Kata kerja tindakan merupakan kata kerja yang mengekspresikan sebuah tindakan.

Contoh: mengembara, memberi, menggapai, melompat, berjalan, berlari, menipu, bermusyawarah, dll

Baca juga: Teks Prosedur – Pengertian, Ciri, Jenis, dan Struktur

3. Menggunakan kata kerja yang menggambarkan sesuatu yang dipikirkan atau dirasakan tokohnya.

Contoh: membisu, mengeluh, mengerang.

4. Menggunakan kata ganti orang pertama dan ketiga (tunggal dan jamak)

5. Menggunakan dialog

 

Demikianlah penjelasan mengenai teks cerita inspiratif dalam pelajaran bahasa Indonesia. Semoga tulisan ini dapat membantu dan menambah ilmu para Karib Bahasa. Untuk membaca materi lainnya silakan klik sini.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *