oleh

Pengertian Kalimat Utama dan Ide Pokok

-MATERI-509 dilihat

Pengertian Kalimat Utama dan Ide Pokok – Halo, Karib Bahasa! Dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada jenjang SD, SMP, dan SMA pasti kalian belajar mengenai kalimat utama dan ide pokok. Materi tersebut menjadi materi dasar yang wajib dipahami oleh setiap siswa pada jenjang mana pun. Oleh karena itu, mari kita perdalam lagi pengetahuan mengenai kalimat utama dan ide pokok.

Untuk mempelajari mengenai kalimat langsung dan ide pokok, kita juga perlu memahami mengenai jenis-jenis kalimat dan paragraf. Hal tersebut karena ide pokok terdapat dalam kalimat utama dan kalimat utama terdapat dalam setiap paragraf. Berikut peta konsep mengenai ide pokok, kalimat, dan paragraf.

pengertian kalimat utama dan ide pokok

Setelah melihat dan mengamati peta konsep tersebut, sudahkah kalian tergambar mengenai hubungan antara paragraf, kalimat, dan ide pokok? Kalau sudah, yuk kita pelajari lebih lanjut mengenai pengertian kalimat utama dan ide pokok, serta paragraf.

Penjelasan Mengenai Kalimat Utama dan Ide Pokok

Paragraf

Pengertian Paragraf

Paragraf adalah kumpulan kalimat yang biasanya mempunyai satu ide pokok dan cara penulisannya sedikit menjorok ke bagian dalam atau menggunakan garis baru. Nama lain dari paragraf adalah alinea.

Definisi lain dari paragraf adalah seperti yang dikemukakan para ahli dalam bidang kebahasaan di bawah ini:

  • Menurut Ramlan, paragraf merupakan bagian dari suatu karangan yang terdiri atas sejumlah kalimat yang mengungkapkan satuan informasi dengan ide pokok sebagai pengendalinya.
  • Menurut Handayani dkk, paragraf adalah serangkaian kalimat yang saling bertalian untuk membuat sebuah ide atau gagasan baru.
  • Menurut Wiyanto, paragraf merupakan sekelompok kalimat yang saling berhubungan dan bersama-sama menjelaskan satu unit pokok pikiran (Wiyanto).

Baca juga: Pengertian Penulisan Kata dan Pedoman Penggunaannya

Jenis-jenis Paragraf

Paragraf terdiri atas dua jenis, yaitu paragraf deduktif dan paragraf induktif.

Adapun jenis-jenis paragraph adalah sebagai berikut:

  1. Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah sebuah jenis paragraf yang dikembangkan dengan pola deduksi. Berawal dari pemaparan hal-hal yang bersifat umum, kemudian ditambahkan kalimat khusus untuk memperjelas paparan umum tersebut.

Paragraf deduktif bisa dilihat dari letak kalimat utama atau gagasan utamanya yang berada di awal alinea.

Bila kita urutkan, maka ciri-ciri paragraf deduktif adalah sebagai berikut:

  • Kalimat utama atau ide pokok ada pada kalimat pertama paragraf.
  • Memiliki pola umum-khusus-khusus-khusus.
  • Kalimat utama diperinci dengan kalimat penjelas.
  1. Paragraf Induktif

Paragraf induktif adalah paragraf yang letak gagasan utamanya terletak di akhir paragraf. Sesuai dengan pola induksi, yaitu dengan memaparkan hal-hal yang khusus terlebih dahulu, yang kemudian akan disimpulkam dengan hal yang lebij umum.

Jenis paragraf induktif diawali dengan kalimat-kalimat penjelas yang berupa fakta, contoh, rincian, atau bukti yang kemyduan disimpulkan pada kalimat akhir paragraf.

Ciri-ciri paragraf induktif yang bisa kita simpulkan adalah sebagai berikut:

  • Diawali dengan penjelasan khusus.
  • Kalimat penjelas yang ada sebelum kalimat utama berupa fakta, contoh, rincian khusus, atau bukti-bukti yang mendukung pernyataan di akhir kalimat.
  • Kalimat utama terletak di akhir paragraf (kesimpulan).
  • Polanya khusus-khusus-khusus-umum.

Baca juga: Jenis Jenis Teks dalam Pelajaran Bahasa Indonesia

  1. Paragraf Campuran (Deduktif-Induktif)

Paragraf deduktif dan induktif bisa kita campur apabila ada suatu paragraf yang mengharuskan adanya kalimat utama di awal paragraf dan akhir paragraf.

Pola dalam paragraf campuran adalah kalimat yang bersifat umum berada di awal paragraf dan akhir paragraf dan kalimat yang berada di tengah memuat pernyataan khusus bisa berupa contoh atau rincian.

 

Kalimat

Pengertian Kalimat

Kalimat merupakan kumpulan kata yang setidaknya terdiri atas subjek dan predikat. Menurut KBBI, kalimat adalah kesatuan ujar yang mengungkapkan suatu konsep pikiran dan perasaan.

Secara linguistik, kalimat dikatakan sebagai satuan bahasa yang relatif berdiri sendiri, mempunyai pola intonasi final dan secara aktual ataupun potensial yang terdiri atas klausa.

Kalimat juga dapat didefinisikan sebagai satuan bahasa berupa kata atau rangkaian kata yang dapat berdiri sendiri dan menyatakan makna yang lengkap.

Jenis Kalimat

Dalam bahasa Indonesia, kalimat memiliki jenis yang cukup banyak. Namun, dalam pembahasan kali ini akan dibahas mengenai kalimat yang terdapat dalam paragraf, yaitu kalimat utama dan kalimat penjelas.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Kata Baku dalam Bahasa Indonesia? 

Kalimat utama merupakan kalimat yang di dalamnya terdapat gagasan utama. Letaknya bisa di awal, di tengah, ataupun di akhir paragraf. Ada pula kalimat utama yang berada di awal dan di akhir paragraf secara sekaligus.

Walaupun terdapat pada dua kalimat, tidak berarti paragraf itu memiliki dua gagasan utama. Gagasan utama paragraf itu tetap satu. Adapun kedua kalimat utama itu keberadannya hanya saling menegaskan: kalimat pertama menegaskan kalimat terakhir ataupun sealiknya.

Kalimat penjelas adalah kalimat-kalimat yang bersifat khusus dan berfungsi untuk mengembangkan gagasan utama pada sebuah paragraph. Kalimat ini berisi uraian mengenai penjelasan atau rincian kalimat utama dalam suatu paragraf.

Ide Pokok

Ide pokok adalah ide atau gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Sebuah ide pokok terletak pada kalimat utama.  Kalimat utama merupakan kalimat yang di dalamnya terdapat sebuah ide pokok.

Secara umum, kalimat utama dapat dilihat pada kalimat pertama dari setiap paragraf. Namun, kalimat utama ini tidak selalu berada kalimat pertama atau di awal paragraf. Kalimat utama bisa pula berada di awal, tengah, ataupun akhir paragraf. Sedangkan, kalimat penjelas merupakan kalimat-kalimat yang menjelaskan kalimat utama.

Dalam sebuah paragraf terdapat satu ide pokok serta beberapa kalimat penjelas yang menjelaskan tentang kalimat utama.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian kalimat utama dan ide pokok. Semoga materi ini dapat membantu dalam memahami dan memperdalam mengenai bahasa Indonesia. Untuk membaca materi lainnya, silakan klik sini.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *