oleh

Pengertian Menyimak Dan Pentingnya di Usia Dini

Pengertian Menyimak – Menyimak adalah salah satu keterampilan dasar yang dibutuhkan oleh seseorang dan sangat bermanfaat bagi kehidupannya. Kenapa seperti itu? Karena menyimak akan sering terjadi dan diimplementasikan di dalam kehidupan.

Definisi Menyimak

Menyimak adalah proses kegiatan mendengarkan bunyi-bunyi bahasa dan nonbahasa dengan penuh perhatian, pemahaman apresiasi, dan interpretasi untuk memperoleh informasi.

Menyimak bukanlah hal yang mudah, agar menjadi seorang penyimak yang baik diperlukan banyak cara dan pembelajaran yang baik.

Tetapi hal ini diasumsikan berbanding terbalik dengan fakta yang ada. Keterampilan menyimak kebanyakan tidak diajarkan secara maksimal dan berjalan kurang baik. Hal ini dikarenakan umumnya orang-orang berpikir bahwa keterampilan menyimak dapat diperoleh secara alami dan secara otomatis. Selain itu, hal ini juga merupakan pandangan yang keliru dan pola pikir yang perlu diubah .

Menyimak adalah salah-satu hal penting yang akan selalu diakukan dikehidupan sehari-hari oleh siapapun, khususnya saat kita menjadi seorang pelajar.

Saat proses belajar mengajar berlangsung, maka pelajar berperan sebagai penyimak yang harus menerima informasi-informasi yang diajarkan oleh guru.

Banyaknya informasi saat proses tersebut membuat siswa diharuskan menjadi penyimak yang baik agar tidak ketinggalan pelajaran dan informasi di kelas.

Akan tetapi kenyataannya seorang pelajar atau siswa biasanya kesulitan saat menyimak pembelajaran yang diberikan oleh guru. Hal ini biasanya karena siswa masih kesulitan dalam praktek menyimak, maka diperlukan suatu pembelajaran. Pembelajaran tersebut tentang meningkatkan keterampilan menyimak dan pelatihan untuk menyimak yang dapat dilakukan setiap saat oleh siswa.

Proses Menyimak

Apabila membahas pembelajaran keterampilan menyimak, maka hal ini hanya dapat dilakukan dengan memperbaiki proses belajar mengajar dan merubah pola pikir guru dan siswa.  Bahwa mereka harus tahu keterampilan menyimak itu penting dan bukanlah hal yang dapat dipandang sebelah mata.

Sebelum menjadi penyimak yang baik, maka siswa perlu mengetahui syarat-syarat dan semua hal yang berkaitan dengan kiat-kiat menjadi penyimak.

Baca Juga: Majas: Pengertian, Jenis-Jenis, beserta Contoh Majas

Apabila proses belajar mengajar telah berjalan baik, selanjutnya diperlukan sebuah latihan yang dilakukan secara terus menerus.

Diperlukan sebuah metode yang dapat melatih kita untuk dapat menyimak.  Metode yang setiap saat dapat digunakan untuk menjadikan waktu kita menjadi efisien dan memperoleh manfaat dari latihan tersebut. Nah, pertanyaannya adalah bagaimana metode yang dapat digunakan untuk mengefisienkan waktu yang ada?

Di era globalisasi sekarang, hampir seluruh masyarakat, khususnya pelajar atau siswa yang sudah mempunyai gadget sendiri.

Dapat kita saksikan dengan seksama dengan melihat di kehidupan kita sendiri. Gadget merupakan barang elektronik yang tak pernah terlepas dan menjadi salah-satu barang penting yang sangat dibutuhkan. Contohnya saja saat kita berada disebuah ruangan, hampir semua orang menggunakan dan sedang mengakses gadget yang mereka miliki.

Bahkan sampai muncul istilah bahwa “gadget membuat yang jauh menjadi dekat dan yang dekat menjadi jauh”. Entahlah ini sebuah manfaat atau suatu penyimpangan yang terjadi ditengah masyarakat yang sekarang. Tak ada yang dapat disalahkan dengan fenomena yang telah mengakar tersebut.

Kehebatan gadget di era yang sekarang telah membuat rata-rata orang menjadi sebuah ketergantungan. Dengan gadget semua hal dapat berjalan dengan mudah dan sangat memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Khususnya siswa untuk mengakses pengetahuan dan informasi.

Semua hal yang terjadi di seluruh dunia dapat kita ketahui dengan cepat dengan barang berukuran kecil ini yaitu gadget. Ada manfaat, tetapi ada kekurangan dari gadget ini. Tergantung dari personal yang menggunakannya. Kita dapat membuat gadget tersebut bermanfaat apabila kita menggunakannya ke arah yang positif dan begitupun sebaliknya.

Metode Menyimak

Mari kembali ke pembahasan tentang metode menyimak. Nah,  apa hubungan gadget dengan metode menyimak? Hubungannya adalah gadget dapat dimanfaatkan dan digunakan untuk metode menyimak terkhusus untuk para siswa yang saat ini sedang dibahas.

Caranya adalah saat proses belajar mengajar berlangsung, mungkin saat guru menjelaskan, terjadi diskusi antar siswa, dan sebagainya. Siswa hendak merekam proses tersebut dengan gadget, di dalam gadget tersebut pasti telah ada fitur perekam suara.

Nah, hal ini dapat dimanfaatkan oleh siswa dan dapat diterapkan sebagai variasi belajar yang lain dan menarik. Selama proses belajar mengajar tersebut siswa merekam suara dari materi yang sedang diajarkan atau dibahas pada saat itu.

Metode Menyimak untuk Siswa

Usai proses belajar-mengajar, maka siswa menyimpan rekaman suara tersebut dan dapat didengarkan kembali pada saat waktu luang dimanapun dan kapanpun. Dengan metode atau variasi belajar ini, maka siswa memperoleh banyak manfaat. Manfaat tersebut yakni salah-satunya adalah melatih keterampilan menyimak, meningkatkan kualitas belajarnya, dan dapat menggunakan waktu semaksimal mungkin. Metode ini sangat bermanfaat dan relevan dengan kehidupan di era teknologi ini.

Contohnya adalah siswa lebih cepat menghafal lagu-lagu yang mereka dengarkan digadget daripada menghafal pelajaran-pelajaran di sekolah yang ada dibuku-buku cetak. Maka dari itu diperlukan sebuah kemasan yang baru untuk menyegarkan proses peningkatan kualitas tersebut. Dengan merekam setiap pembelajaran yang terjadi, siswa dapat mendengarkannya dan berlatih menyimak apa yang ia dengarkan dan dapat menambah informasi dengan hasil penyimakan tersebut. Siswa juga dapat mendengarkan ulang setiap pembahasan yang dianggap masih kurang.

Apalagi dengan situasi siswa-siswa sekarang. Dengan waktunya yang kian sedikit karna proses belajar mengajar di sekolah. Kemudian saat pulang menuju ke rumah dan di perjalanan yang tentunya memakan waktu. Kemungkinan besar siswa sampai di rumah saat sore hari bahkan malam hari.

Pada saat sampai di rumah dengan keadaan yang lelah, kemungkinan besar tidak sempat untuk belajar dan mengulang kembali pelajaran hari itu. Metode ini sangatlah bermanfaat pada situasi seperti ini. Contohnya saat perjalanan pulang, ia dapat mendengarkan kembali rekaman tersebut dan kemudian menyimak. Hal tersebut membuat ia lebih memahami penjelasan dari materi yang telah diberikan oleh guru.

Baca Juga: Pengertian Puisi Beserta Jenis-jenisnya

Karena rekaman tersebut dapat diulang-ulang. Sama halnya seperti kita diajarkan dan terus belajar secara berulang-ulang. Selain itu, dapat pula meningkatkan kualitas belajar kita dan solusi yang ampuh dalam menguatkan ingatan. Bila sudah paham dan mengerti, maka pengulangan secara terus menerus adalah langkah yang tepat diambil sebagai siswa.

Apabila siswa sudah bisa belajar dari rekaman tersebut, maka pelatihan menyimak akan terus meningkat. Ia dapat mengambil informasi dari suara yang didengarkan dan kemudian menyimak maksud dari apa yang didengarkan. Kegiatan ini membuat siswa lebih berpikir dan bertindak secara kritis, dari sebelum dia mendengarkan yang hanya dalam waktu sekali saja.

Tujuan Metode Menyimak

Selain tujuan dari merekam suara saat proses belajar mengajar berlangsung dengan maksud mendengarkannya lagi dan melatih keterampilan menyimak. Tujuan lainnya ialah siswa juga perlu menumbuhkan pemikiran dalam diri sendiri. Hal tersebut menunjukkan bahwa pelajaran yang diberikan oleh guru pada saat itu adalah sebuah pembelajaran yang sangat penting dan tidak boleh dilupakan. Dengan begitu, maka untuk mengabadikannya diperlukan sebuah rekaman suara.

Metode ini dapat dijadikan sebagai salah-satu latihan kita dalam menyimak, karena mempunyai banyak manfaat yang kembali ke diri masing-masing orang yang menerapkannya.

Menyimak Sejak Dini

Hal ini juga perlu diterapkan sejak dini. Apabila kita memulainya dari sekarang, maka akan banyak manfaat yang dapat diperoleh. Dengan memulainya sejak dini maka itu adalah bentuk usaha kita agar lebih belajar dengan sungguh-sungguh, memanfaatkan gadget ke arah yang positif, dan melatih keterampilan menyimak kita.

Bayangkan saja apabila keterampilan menyimak yang baik telah dikuasai, maka kita akan lebih mudah menerima atau memperoleh informasi, menganalisis dan kemudian mengevaluasinya.

Dengan terus melatih keterampilan menyimak kita, banyak manfaat yang dapat kita peroleh dengan sendirinya, baik tanpa disadari maupun tidak. Dengan terus melatih keterampilan menyimak ini yang dilakukan dengan metode perekaman atau mendengar melalui gadget, akan banyak hal-hal positif yang dapat diterima.

Manfaat Metode Menyimak Sejak Dini

Misalnya pembendaharaan kata yang kian menambah. Hal itu menjadikan kita pendengar dan tentunya penyimak yang baik, meningkatkan kualitas komunikasi, banyaknya pengetahuan yang dapat diserap. Selain itu, waktu kita dapat selalu kita manfaatkan sebaik mungkin dimanapun dan kapanpun.

Jadi metode ini lebih dikhususkan pada siswa-siswa yang dapat menjadi solusi dalam pelatihan keterampilan menyimak dan dapat digunakan ditengah padatnya waktu yang ada dari sebagian siswa.

Metode ini sebagai metode yang akan mengefisienkan dan membuat waktu yang luang menjadi lebih bermanfaat. Dengan penerapan metode ini juga bukan hanya peningkatan keterampilan menyimak yang diperoleh tetapi peningkatan belajar siswa, memperoleh berbagai manfaat dan keuntungan yang dapat dirasakan.

Jadi metode ini mengajarkan bagaimana menggunakan waktu sebaik mungkin dan belajar dimanapun dan kapanpun pastilah bukan hal yang sulit. Selesai sudah seperti yang dijelaskan di atas mengenai pengertian menyimak dan pentingnya di usia dini. untuk artikel lain seputar bahasa indonesia kalian bisa lihat di sini.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *