oleh

Soal Bahasa Indonesia Kelas 7 – Teks Deskripsi

-SOAL-1.693 views

Soal Bahasa Indonesia – Bahasa Indonesia merupakan salah satu pelajaran yang utama di sekolah. Banyak yang masih keliru dalam mengerjakan soal bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan kurangnya latihan dan ketelitian dalam mengerjakan soal bahasa Indonesia.

Pada materi kali ini akan dibahas mengenai soal bahasa Indonesia kelas 7 tentang teks deskripsi. Teks deskripsi ialah teks yang menggambarkan suatu objek dengan tujuan agar pembaca seolah-olah melihat, merasakan, dan mendengar apa yang dituliskan pada teks.

Pengertian Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan suatu objek atau keadaan tertentu dengan serinci-rincinya berdasarkan sudut pandang pribadi penulisnya. Objek yang dimaksud dapat berupa keadaan alam, keadaan hewan, atau keadaan orang. Dengan teks deskripsi, penulis bertujuan untuk menggambarkan suatu objek sehingga pembaca seolah-olah menyaksikan dan merasakan langsung suatu objek yang digambarkan secara jelas dan terperinci.

Struktur Teks Deskripsi

1. Identifikasi

2. Deskripsi Bagian

Soal Bahasa Indonesia

Berikut ialah latihan soal bahasa Indonesia mengenai teks deskripsi:

Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C, atau D sebagai jawaban yang tepat!

1. Simak kutipan teks deskripsi berikut!

Pengelola restoran Tanjung Puri, Suriansyah, mengatakan, sepinya pengunjung ke obyek wisata itu disebakan lokasinya yang cukup jauh dari Kota Tanjung. Akibatnya warga Tanjung malas ke sana kalau hanya sekadar makan atau jalan-jalan. Di satu sisi memang daya tarik yang ditawarkan juga hanya pemandangan huta dan danau, tidak ada fasilitas lainnya.

(BPost, 12 September 2004)

Mengapa Tanjung Puri sepi pengunjung?

Jawaban atas pertanyaan di atas yang sesuai dengan isi bacaan adalah …

a. Karena Suriyansyah yang mengatakan.

b. Karena lokasinya jauh dari kota.

c. Karena warga Tanjung malas ke sana.

d. Karena warga Tanjung tidak suka makan-makan

 

2. Simak teks deskripsi berikut!

Penari Saman berjumlah ganjil. Mereka menyanyikan syair lagu bebahasa Gayo bercampur dengan bahasa Arab saat menari. Nyanyian dalam Tari Saman dibagi dalam lima macam. Regnum adalah nyanyian berupa suara auman. Dering adalah suara auman yang dilakukan oleh semua penari. Radet adalah lagu singkat dengan suara pendek yang dinyanyikan oleh seorang penari pada bagian tengah tari. Sek adalah lagu yang dinyanyikan oleh seorang penari dengan suara panjang tinggi melengking, biasanya sebagai tanda perubahan gerak. Saur yaitu lagu yang diulang bersama oleh seluruh penari setelah dinyanyikan oleh penari solo. Selain nyanyian, gerakan penari Saman diiringi alat musik berupa gendang, suara teriakan penari, tepuk tangan penari, tepuk dada penari, dan tepuk paha penari. Gerak dalam tari itu disebut guncang, kirep, lingang, dan surang-saring (semua nama gerak ini adalah bahasa Gayo).

Berasal dari bahasa apa nama gerak dalam tari Saman?

a. Bahasa Gayo

b. Bahasa Arab

c. Bahasa Melayu

d. Bahasa Indonesia

 

3. Dari kutipan teks soal no.2 siapakah yang menyanyikan saur?

a. Seorang penari

b. Semua penari

c. Penyanyi arab

d. Penyanyu solo diikuti semua penari

 

4. Dari kutipan soal no.2 nyanyian syair lagu tari Saman berasal dari bahasa apa?

a. Bahasa Indonesia dan Gayo

b. Bahasa Arab dan Indonesia

c. Bahasa Melayu dan Gayo

d. Bahasa Gayo dan Arab

 

5. Perhatikan daftar kata berikut!

1. Koreografi

2. Resepsi

3. Mahir

4. Tarian

Makna istilah dan daftar kata di atas adalah …

a. Tarian artinya seni mencipta dan mengubah tari (balet); seni tari (balet)

b. Resepsi artinya pertemuan (perjamuan) resmi yang diadakan untuk menerima tamu (pada pesta perkawinan, pelantikan)

c. Koreografu artinya sangat terlatih (dalam mengerjakan sesuatu); cakap (panda) dan trampil

d. Sungai adalah aliran air yang membelah daratan dari tempat yang tinggi menuju tempat yang rendah. Bagian asal sungai disebut hulu yang berwarna keruh dan bagian  arah ke mana air mengalir disebut bilir yanh berwarna bening. Air bermanfaat bagi manusia untuk minum.

 

6. Perhatikan kutipan teks deskripsi berikut!

1. Koreografi tari Gambyong sebagian besar berpusat pada penggunaan gerak kaki, tubuh, lengan, dan kepala. Penari tidak hanya lentur tubuhnua, tetapi juga harus trampil. Ada berbagai gerak dalam tari Gambyong.

2. Gerak srisig adalah gerak dengan sikap berdiri jjnjit dilanjutkan dengan langkah-langkah kecil. Nacah miring yaitu kaki kiri bergerak ke samping dengan cara bergeser dengan posisi kaki tetap merapat ke lantai. Gerak embat atau entrag adalah gerak dengan posisi lutut yang membuka karena mendhak bergerak ke bawah dan ke atas. Selain itu, ada juga gerak berjalan (sekaran mlaku), dan gerak di tempag (sekaran mandheg)

3. Tari gambyong adalah tarian untuk menyambut tamu atau mengawali suatu resepsi perkawinan. Tarian ini dinamai sesuai dengan nama penari yang bernama gambyong. Penari ini hidup pada zaman Sunan Paku Buwana IV di Surakarta. Dia mahir dalam menari dan memiliki suara merdu sehingga menjadi pujaan kaum muda zaman itu.

Urutan teks yang tepat sesuai dengan struktur teks deskripsi adalah…

a. 1-3-2

b. 3-1-2

c. 2-3-1

d. 3-2-1

Baca juga: Majas Perbandingan: Macam dan Contohnya

7. Perhatikan gambar berikut!

Soal Bahasa Indonesia

Deskripsi yang tepat berdasarkan gambar (floating market) tersebut adalah …

a. Perahu adalah alat transportasi yang umum digunakan oleh masyarakat yang hidup disekitar sungai. Perahu dapat terbuat dari kayu dan baja. Biasa digunakan untuk berjualan terutama di daerah Muara Kuin

b. Perahu adalah alat transportasi yang umum digunakan oleh masyarakat yang hidup di sekitar gunung. Perahu dapat terbuat dari kayu dan baja. Biasa digunakan untuk berjualan terutama di daerah muara Kuin.

c. Kapal adalah alat transportasi yang umu digunakan oleh masyarakat yang hidup di sekitar sungai. Perahu dapat terbuat dari plastik. Biasa digunakan untuk berjualan terutama di daerah Muara Kuin.

d. Kapal adalag alat transportasi yang umum digunakan oleh masyarakat yang hidup di sekitar sungai. Perahu dapat terbuat dari kayu dan baja. Biasa digunakan untuk berjualan terutama di daerah muara sungai.

 

8. Perhatikan gambar berikut!

Soal Bahasa Indonesia

Deskripsi tentang busana yang dipakai penari Saman yang tepat adalah…

a. Busana yang dipakai penari Saman terdiri atas tiga bagian. Pada kepala dipakai bulang teleng dan sunting Pada badan dipakai baju kantong, celana, dan kain sarung. Pada tangan dipakai topeng gelang dan sapu tangan.

b. Busana yang dipakai penari Saman terdiri atas tiga bagian. Pada kepala dipakai topong gelang dan sapu tangan. Pada badan dipakai baju kantong, celana, dan kain sarung. Pada tangan dipakai bulang teleng dan sunting kepies.

c. Busana yang dipakai penari Saman terdiri atas dua bagian. Pada kepala dipakai bulang teleng dan suntung kepies. Pada tangan dipakai topong gelang dan sapu tangan.

d. Busana yang dipakai penari Saman terdiri atas tiga bagian. Pada kepala, badan, dan tangan dipakai topong gelang dan sapu tangan.

 

9. Perhatikan gambar berikut ini!

Deskripsi umum dari gambar tersebut adalah …

a. Tari kecak dimainkan oleh sepuluh laki-laki yang duduk berbaris melingkar sambal menyerukan kata “cak” dengan irama tertentu seraya mengangkat kedua lengannya. Para penari itu mengenakan kain kotak-kotak seperti papan catur melingkari punggung mereka.

b. Tari kecak dimainkan oleh sepuluh laki-laki yang duduk berbaris melingkar sambil menyerukan kata “cak” dengan irama tertentu seraya mengangkat kedua lengannya. Para penari itu mengenakan sarung kotak-kotak seperti papan catur melingkari paha mereka.

c. Tari kecak dimainkan oleh puluhan laki-laki yang duduk berbaris melingkar sambil menyerukan kata “cak” dengan irama tertentu seraya mengangkat kedua lengannya. Para penari itu mengenakan kain kotak-kotak seperti papan catur melingkari pinggang mereka.

d. Tari kecak dimainkan oleh puluhan laki-laki yang duduk berbaris melingkar sambil menyerukan kata “cak” dengan irama tertentu seraya mengangkat tangannya. Para penari itu mengenakan sarung kotak-kotak seperti papan catur.

 

10. Perhatikan deskripsi bagian dari teks deskripsi Tari Kecak yang acak berikut!

1. Tari Kecak diciptakan pada tahun 1930-an oleh I Wayan Limbak yang bekerja sama dengan pelukis JermanWalter Spies.

2. Pada awalnya, dua seniman itu terpesona oleh tarian-tarian dalam ritual Sanghyang.

3. Ketika itu, para penari Sanghyang menari dalam kondisi kemasukan ruh atau kerasukan.

4. Ritual Sanghyang sendiri merupakan ritual masyarakat Bali yang bersumber dari tradisi pra-Hindu dengan tujuan menolak bala.

5. Ritual ini kemudian diadopsi oleh I Wayan Limbak dan Walter Spies menjadi sebuah seni pertunjukkan oleh umum dan ditampilkan di berbagai Negara di Eropa dengan nama Tari Kecak.

Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi bagian teks deskripsi yang sistematik jika disusun dengan urutan …

a. 1-2-3-4-5

b. 1-3-5-2-4

c. 2-3-1-5-4

d. 3-2-4-1-5

Baca juga: Pengertian Puisi Beserta Jenis-jenisnya

11. Perhatikan kutipan suatu bagian teks deskripsi yang acak berikut!

1. Tari Gambyong adalah tarian untuk menyambut tamu atau mengawali suatu resepsi perkawinan.

2. Penari ini hidup pada zaman Sunan Paku Euwana IV di Surakarta.

3. Tarian ini dinamai sesuai dengan nama penari yang bernama Gambyong.

4. Dia mahir dalam menari dan memiliki suara merdu sehingga menjadi pujaan kaum muda pada zaman itu.

Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi bagian teks deskripsi yang sistematik jika disusun dengan urutan …

a. 1-2-3-4

b. 1-3-2-4

c. 2-3-1-4

d. 3-2-4-1

 

12. Perhatikan kutipan teks deskripsi berikut!

Pasar Beringharjo merupakan pasar tradisional di Yogyakarta yang patut dikunjungi.

Deskripsi bagian dari deskripsi umum kutipan di atas yang tepat adalah …

a. Pasar ini telah menjadi pusat kegiatan ekonomi selama ratusan tahun dan keberadaannya mempunyai makna filosofis.

b. Wilayah Pasar Beringharjo mulanya merupakan hutan beringin.

c. Tak lama setelah berdirinya Kraton Nyayogyakarta Hadiningrat, tepatnya tahun 1758, wilayah pasar ini dijadikan tempat transaksi ekonomi oleh warga Yogyakarta dan sekitarnya.

d. Bagian depan dan belakang bangunan pasar sebelah barat merupakan tempat yang tepat untuk memanjakan lidah dengan jajanan pasar.

 

13. Tari Saman adalah tarian suku Gayo (Daerah Kabupaten Gayo Lues), Aceh.

Deskripsi bagian dari kalimat di atas adalah …

a. Tarian ini merupakan gambaran kisah Ramayana tatkala barisan kera membantu Rama melawan Rahwana.

b. Tarian tersebut diiringi nyanyian syait dalam bahasa Arab dan bahasa Gayo.

c. Penari tidak hanya lentur tubuhnya, tetapi juga harus terampil.

d. Ritual Sanghyang sendiri merupakan ritual masyarakat Bali yang bersumber dari tradisi pra-Hindu dengan tujuan menolak bala.

 

14. Perhatikan kutipan teks deskripsi berikut!

Jaipongan adalah sebuah jenis tari pergaulan tradisional masyarkat Sunda, Jawa Barat, yang sangat popular di Indonesia. Tari ini diciptakan oleh seorang seniman asal Bandung, Gugum Gumbira, sekitar tahun 1960 an, dengan tujuan untuk menciptakan suatu jenis musik dan tarian pergaulan yang digali dari kekayaan seni tradisi Nusantara, khususnya Jawa Barat.

Perbaikan penggunaan tanda baca yang benar ialah …

a. Antara “1960” dan “an” harus diberi tanda hubung.

b. Antara “Sunda” dan “Jawa Barat” seharusnya memakai tanda hubung.

c. Sesuda “Jaipongan adalah” seharusnya diberi tanda titik dua.

d. Antara “Nusantara” dan “khususnya” tak perlu pakai tanda baca koma.

 

15. Perhatikan kutipan teks deskripsi berikut!

Pasar ini juga tempat yang tepat untuk berburu barang antik. Sentra penjualan barang antik terdapat di lantai 3 pasar bagian timur. Di tempat itu wisatawan bisa mendapati mesin ketik tua, helm buatan tahun 60an yang bagian depannya memiliki mika sebatas hidung dan sebagainya.

Perbaikan penggunaan tanda baca yang benar ialah …

a. Antara “1960” dan “an” harus diberi tanda hubung/ tanda pisah.

b. Antara “60” dan “an” diberi jarak satu karakter.

c. Sesudah “di tempat itu” seharusnya diberi tanda koma.

d. Sesudah “di tempat itu” diberi koma; dan antara “60” dan “an” diberi tanda hubung.

 

16. Berikut ini yang bukan struktur teks deskripsi adalah…

a. Identifikasi

b. Evaluasi

c. Deskripsi bagian

d. Simpulan

 

17. Teks deskripsi bertujuan untuk…

a. Menggambarkan suatu objek

b. Menjelaskan suatu objek

c. Menceritakan suatu objek

d. Melaporkan suatu objek

 

18. Sinonim kata elok adalah…

a. Indah

b. Sejuk

c. Tentram

d. Pemandangan

Baca juga: Penyair Indonesia: Biodata Chairil Anwar

19. Berikut ini yang termasuk kata depan, kecuali…

a. Di

b. Dari

c. Pada

d. Saat

 

20. Angin laut mengelus wajah.

Kalimat di atas mengandung unsur kebahasaan teks deskripsi, yaitu…

a. Kata depan

b. Majas

c. Kata khusus

d. Kata umum

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *